Strategi e-WOM di Bidang Marketing

Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dikembangkan oleh Todua (2017) dan Ukpabi and Karjaluoto (2017) bahwa perkembangan internet sejalan dengan laju pertumbuhan pengguna sosial media yang dianggap sebagai media promosi yang efektif dan berbiaya rendah untuk digunakan sebagai alat promosi karena memiliki respon secara langsung dengan penggunanya. Social Strategy digunakan dalam promosi pariwisata pada media sosial merupakan bentuk upaya integrasi antara hubungan pelaku pariwisata dengan wisatawan dapat terjalin dengan baik sehingga dapat mempengaruhi wisatawan lainnya untuk berkunjung, seperti yang dikemukakan oleh Minazzi (2015). Dalam praktiknya, Social Strategy sering dijadikan metode strategi yang digunakan oleh perusahaan yang menawarkan layanan jasa social media marketing dalam mengelola media sosial klienya.

Kepuasan wisatawan yang berkunjung pada sebuah destinasi wisata diharapkan dapat mengunggah kegiatan kegiatan dan juga obyek destinasi wisata yang ada untuk dilihat oleh follower sehingga pengetahuan tentang destinasi danrespon langsung bisa didapatkan oleh pelakupariwisata dalam membangun strategi komunikasiyang baru maupun strategi pemasarannya. Hal tersebut sejalan dengan pendapat Tham et al. (2013) bahwa hasil dari posting atas sebuah produk atau layanan yang diterima oleh sebuah komunitas pada sosial media dapat berbentukpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi dalam sebuah e-WOM.

Pemahaman e-WOM di bidang marketing bisnis menjadi sangat penting, karena media ini lebih populer pada komunitas online tempat konsumen memiliki potensi untuk menjangkau pangsa pasar global dengan cepat dan mudah untuk mempengaruhi keputusan berkunjung pada sebuah destinasi. Pengembangan model social media marketing untuk menciptakan kekuatan efek e-WOM akan lebih efektif mempengaruhi keputusan berkunjung dengan didukung oleh perusahaan yang menawarkan layanan jasa social media marketing dan diikuti oleh citra destinasi wisata yang baik.

Komentar