Memanfaatkan Informasi untuk Memenangkan Persaingan

Informasi adalah kekuatan untuk memenangkan persaingan. Bagi kebanyakan perusahaan saat ini, penggunaan situs web sebagai sarana penyebaran informasi mengenai produk dan jasa yang ditawarkan kepada pelanggan merupakan keunggulan tersendiri. Pelanggan dapat mencari informasi perusahaan dan produk/jasa yang ditawarkan serta melakukan simulasi atau transaksi secara on-line melalui situs web perusahaan secara mandiri. Tuntutan dan kebutuhan pelanggan terhadap kinerja dan kualitas situs web semakin tinggi. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.

Kebutuhan pelanggan akan informasi pada perusahaan asuransi umum, khususnya perusahaan asuransi umum terbuka di Indonesia merupakan kebutuhan yang perlu diperhatikan, mengingat bahwa produk asuransi umum tidak selalu dikenal oleh masyarakat di Indonesia, terutama terhadap apa yang menjadi jaminan dan apa yang dikecualikan. Pelanggan (yang disebut sebagai Tertanggung) juga perlu mengetahui kondisi perusahaan asuransi (perusahaan) terutama terhadap kinerja keuangan perusahaan agar merasa yakin dan aman ketika telah mengasuransikan asetnya di perusahaan tersebut, bagaimana proses klaim, dan apa yang menjadi kelebihan dari produk yang dibelinya.

Sering kali apa yang menjadi kebutuhan pelanggan terhadap kinerja situs web tidak sesuai dengan kenyataan dan bahkan tidak ada komunikasi dari pelanggan untuk menyampaikan apa yang diharapkan terhadap kinerja situs web, walaupun pada situs web ada kolom saran yang dapat diinput oleh pelanggan pada saat itu juga. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah adanya anggapan atau perkiraan dari pelanggan bahwa situs web tidak pernah di-update, sehingga memberikan saran juga tidak akan diperhatikan, atau dapat juga karena para pelangaan yang tidak begitu peduli/tidak ada ide terhadap apa yang harus disampaikan, atau juga memang karena tim Teknologi Informasi (TI) perusahaan asuransi tidak tanggap terhadap masukan atau kebutuhan pelanggan. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.

Komentar