MENJAGA KESELAMATAN KERJA DI AREA KANTOR

Menjaga Keselamatan Kerja di Area Kantor

Bila Kamu berpikiran keharusan jaga keselamatan hanya buat orang yang kerja di lapangan atau orang yang terkait dengan mesin-mesin produksi karena itu Kamu salah.

Memang benar orang yang kerja di lapangan harus lebih memerhatikan keselamatannya serta memakai beberapa alat safety yang ideal karena medan serta kondisinya yang lebih berefek mengakibatkan kecelakaan.

Tetapi tahukah Kamu beberapa pekerja kantoran harus juga siaga pada bahaya yang mungkin berlangsung di lingkungan kantor. Bukan mustahil bila di dalam ruang seperti di kantor bahaya kecelakaan kerja akan menerpa karyawan nya.

Bila menurut Kamu pekerjaan Kamu cukup sudah aman sebab Kamu cuma beraktivitas di ruang saja, karena itu saat ini semestinya Kamu jangan memandang sepele hal kecil yang sebetulnya dapat membahayakan. Awalilah untuk lebih waspada.

Waspada di sini tidak cuma tentang kesiagaan diri dan juga memerhatikan kondisi sekitar lingkungan.

Lalu, beberapa hal apa yang kemungkinan lepas atau jarang-jarang dilihat beberapa pekerja kantoran dalam tempat kerjanya yang sebetulnya dapat membahayakan keselamatan diri?
Baca penuturannya di bawah :

Listrik
Seperti yang kita ketahui, saluran listrik benar-benar berguna buat kehidupan manusia. Tanpa ada listrik kita tidak kemungkinan melakukan aktivitas dengan lancar. Listrik benar-benar menolong pekerjaan rumah tangga, transportasi, dan kegiatan di kantor.

Di ruang perkantoran tentu saja ada beberapa perlengkapan listrik dengan volume pemakaian yang tinggi. Bila kita lupa serta kurang arif dalam memakai listrik, beberapa hal membahayakan seperti tersengat saluran listrik sampai bahaya kebakaran akan berlangsung.

Bijaklah dalam memakai listrik dari mulai hal yang simpel seperti tidak memakai satu terminal listrik untuk beberapa alat elektronik. Mencabut perlengkapan waktu tidak dipakai tidak hanya dapat mengirit daya listrik dapat juga kurangi risiko kebakaran. Diluar itu, jangan tempatkan kabel pada tempat yang seringkali dilewati seperti di bawah karpet atau di atas pintu.

Slip, Trip, and Fall
Hal yang satu ini jarang-jarang sekali dilihat oleh karyawan kantoran. Tidak hanya jadi alas kaki, sepatu safety atau sandal dapat juga jadi alat safety simpel buat Kamu yang kerja di kantor.
Bila Kamu seringkali berjalan di kantor, semestinya pakai alas kaki yang nyaman serta tidak licin lebih bila Kamu seringkali turun naik tangga. Tidak hanya kurangi risiko terjatuh atau terpeleset, memakai alas kaki yang nyaman serta sesuai dengan tidak mengganggu ruangan gerak Kamu hingga Kamu jadi semakin dapat bebas berjalan.

Tata Letak Barang
  • Di ruang kantor tentunya banyak tersimpan beberapa barang yang masih terpakai serta yang tidak terpakai. 
  • Yakinkan penyimpanan beberapa barang di kantor diatur secara baik supaya tidak melukai satu orang bila terjatuh. Contohnya saja bila Kamu menaruh map dokumen atau beberapa barang yang berat di atas rack atau almari yakinkan supaya tempatnya rapi serta tidak terjatuh. 
  • Terhitung bila Kamu ingin menaruh kardus-kardus sisa elektronik contohnya, lebih baik taruh dibagian bawah almari supaya tidak terjatuh serta melukai satu orang. 
Pengaturan Arsip
Sama seperti menaruh beberapa barang yang lain, penyimpanan arsip butuh memerhatikan bagian keselamatannya. Lihat langkah pengaturan arsip supaya rapi, gampang diketemukan, serta tidak membahayakan orang seputar.

Susun arsip di rack atau almari dengan tehnik yang baik. Yakinkan rack atau almari itu tidak kelebihan beban sebab dapat mengakibatkan rack rubuh serta melukai orang yang melewatinya.
Susun lah arsip dari mulai bawah ke atas hingga sisi bawah almari lebih dulu terisi serta beban ada dibagian bawah.

Tangga spesial
Beberapa barang yang berada di kantor umumnya disimpan dibagian atas serta susah di jangkau. Untuk Kamu yang kerja dibagian gudang khususnya, semestinya jangan asal-asalan serta masih pikirkan keselamatan Kamu.

Bila Kamu dengan maksud untuk ambil barang yang terdapat dibagian atas rack yang susah dicapai, semestinya pakai tangga lipat. Dibanding memakai bangku, tangga lipat dipandang lebih aman.

Komentar