Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Dalam Penggunaan Komputer

Related image

sepatu safety - Meskipun telah banyak manfaat yang bisa didapat dari pemakaian computer, tetapi belum juga banyak yang mengerti kalau penggunaan computer dapat juga menyebabkan problem sendiri. Problem yang disebut yaitu penyakit-penyakit karena kerja yang dikarenakan oleh penggunaan computer, terlebih apabila bekerja dengan computer kurun waktu yang lama dengan terus-terusan.

1. Menempatkan computer dengan aman

Beberapa langkah umum yang perlu di perhatikan ketika pemasangan piranti computer diantaranya. Pastikan permukaan kabel tak ada yang mengelupas. Chasing perlu dibawa dengan tespen, bila terdapat aliran lsitrik, maka perlu pembenahan pada arde jaringan listrik. Pastikan juga layar monitor masih tetap dapat bekerja dengan baik.

Untuk melindungi keselamatans kerja dengan computer, banyak hal yang perlu di perhatikan seperti berikut :

  • Perhatikan pemasangan kabel yang dipasang pada piranti computer, seperti kabel power, VGA, dan kabel jaringan. Pemasangan kabel harus sesuai sama portnya. Kabel juga jangan pernah alami rusaknya fisik, seperti terkelupasnyalapisan luar, karat pada gigi penghubung, basah atau lembab di sekitar stop kontak dan piranti computer. 
  • Jalinan kabel power dari computer dengan stop kontak listrik harus dipasang dengan benar, jangan pernah longgar sampai terjadi korsleting. 
  • Pakai stabilizer hingga arus listik yang mengalir ke computer senantiasa stabil walau daya listrik alami penurunan. Dengan memakai stabilizer, rusaknya pada piranti computer dapat dijauhi. Agar kehadiran hardware ini tidak percuma, meka perlu di perhatikan pemasangan yang benar dan menyalakan dengan posisi yang benar. Posisi penyalaan stabilizer yang benar : 
  • Pastikan semua hardware dalam kondisi off sebelumnya menghubungkan stabilizer ke stop kontak. 
  • Setelah stavolt tersambung dengan stop kontak, nyatakan dengan berurutan dari stabilizer ke CPU dan paling akhir pada monitor. 
  • Piranti computer janganlah ditempatkan diatas perlengkapan yang terbuat berbahan konduktor, seperti besi, baja, dan aluminium. Pakai piranti alas yang terbuat berbahan isolator, seperti kayu dan plastic. Hal semacam ini menghindar terjadinya peenumpukkan arus elektrostatis di sekitar computer. 
  • Atur kabel yang ada pasa piranti computer. Ikat dengan kuat hingga tak ada kabel yang mudah terlepas tanpa ada diakui. Bila ada kabel yang dilewatkan ridak rapid an mudah lepas, maka ketika bekerja barangkali terjadi kecelakaan dan pekerjaan jadi terganggu. 
  • Janganlah dibiarkan ada kabel yang berhubungan dengan arus listrik dilewatkan lepas. Bila tidak dipakai atau rusak, baiknya kabel itu dilepaskan dari kontak listrik. 
  • Matikan computer dan cabut kabel yang berhubungan dengan stop kontak listrik. Hal semacam ini dapat menghindar terjadinya kecelakaan konsleting. Konsleting dapat mengakibatkan percikan api yang bisa menyebabkan kebakaran. 

2. Memakai computer dengan tempat yang benar

Jika Kamu sering memakai computer, maka Kamu harus memerhatikan kesehatan dan keselamatan kerja. Hal semacam ini dikarenakan dalam pemakaian computer dengan terus-menerus dapat mengakibatkan otot sering pegal pada jari tangan, punggung, dan pinggang, dan mata jadi agak kabur karena pandangan kita sering terlalu dekat dengan layar computer. Dengan hal tersebut, maka kita perlu ketahui beberapa cara pemakaian computer dengan baik agar dapat menghindar terjadinya masalah kesehatan itu. Setiap orang harus beradaptasi dengan lingkungannya agar nyaman ketika memakai computer. Rasa nyaman itu juga akan menghindar masalah kesehatan yang diakibatkan saat bekerja dengan computer. Berdasar pada bahaya yang ada dan untuk hindari beberapa hal yg tidak dikehendaki, pengguna computer perlu memerhatikan banyak hal berikut ini.

1) Mengatur tempat badan

Agar produktivitas dan efektivitas kerja dapat maksimum, tempat badan harus nyaman. Perubahan tempat badan sangat berpengaruh dan berguna untuk tulang punggung, otot, persendian, dan system peredaran darah.

Tempat kepala dan leher
Ketika bekerja dengan kmputer, tempat kepala dan leher harus tegak dengan muka menghadap segera ke layar monitor. Leher tidak bisa membungkuk atau mengadah, karena dapat mengakibatkan sakit pada leher.

Tempat kaki
Tempat kaki yang baik harus menapak ke lantai dengan kuat dan nyaman. Siapkan ruangan yang cukup untuk kaki agar dapat bergerak dengan bebas dibawah meja kerja. Setelah beberapa saat bekerja, luruskan kaki agar peredaran darah kembali lancar. Bila perlu jalan-jalanlah sebentar.

Tempat punggung
Tempat punggung yang baik saat memakai computer yaitu tempat punggung yang tegak, tidak morong ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bertumpu terlalu miring ke belakang. Untuk memperoleh tempat punggung yang baik, semestinya didukung dengan tempat duduk yang baik dan nyaman. Tempat punggung sesuai dengan postur badan, upayakan tegak lurus janganlah membungkuk ke depan karena dapat menggangu tulang belakang Kamu, janganlah terlalu jauh bertumpu ke belakang, Karena juga akan anggota beban berlebihan pada tulang belakang Kamu. Pakai sandaran kursi untuk menyokong punggung, bila perlu pakai kursi yang bisa ditata.

Tempat pundak dan siku
Ketika tengah berada dimuka computer, tempat pundak dan siku harus betul-betul santai janganlah dipaksakan bila kurang enak dan nyaman. Hal semacam ini ditujukan agar tidak terjadi kemelut otot, pundak yang terlalu terangkat dan terlalu ke bawah juga akan mengakibatkan kemelut otot. Diluar itu, siku harus ditempatkan dengan nyaman sesuai dengan tempat keyboard.

Tempat tangan
Salah satu yang dirasakan untuk beberapa user computer yaitu rasa nyeri pada jari. Agar terjindar dari sindrom itu, tempatkan tangan sesuai sama kenyamanan sendiri. Hal semacam ini sangat relative, tidak kebanyakan orang sama dan biasanya ditetapkan oleh sendiri sebab pada orang yang satu dengan orang yang lain kenyamanan bekerja tidak sama. Hal yang penting yaitu ketika melakukan pekerjaan, tangan merasa nyaman baik saat melakukan penekanan tombol-tombol keyboard dan mouse, siku membuat 90 derajat. Susunlah dengan benar, sebab tempat yang benar dapat terlepas dari penyakit radang sendi (repetitive strain injury).

Kesehatan mata
Jagalah dan cintailah mata Kamu ketika bekerja memakai computer, sebab mata yaitu organ yang sangat vita. Susunlah jarak pandang dengan layar monitor untuk melindungi agar tidak terjadi masalah pada mata dan baiknya ditambahkan kaca peredam (screen filter) sebab monitor memiliki intensitas cahaya yang cukup tinggi. Diluar itu, alat ini dapat meredam atau kurangi kelelahan pada mata. Upayakan monitor tidaklah terlalu terang atau terlalu redup, sebab hal tersebut juga akan menyusahkan Kamu untuk lihat dengan terang. Tampilan monitor janganlah terlalu mencolok atau terlalu terang, karena juga akan menyakitkan mata. Jadi alternatif beda yang bisa dilakukan yaitu memilih dan memakai monitor yang efek pancaran sinarnya rendah, hingga tidak menyebabkan kelelahan pada mata dan daya listriknya rendah. Bila Kamu beli monitor, maka pilihlah type TFT LCD. Karena terkecuali efek radiasi pancaran cahaya relatif rendah, juga tidak menyebabkan kelelahan pada mata. Diluar itu, layar TFT LCD hanya memerlukan daya lsitrik yang relatif dibanding type monitor CRT.

2) Mengatur tata letak komputer

Tata letak computer perlu ditata agar kita dapat bekerja dengan nyaman. Beberapa hal ini dapat dilakukan untuk mengatur tata letak computer yaitu seperti berikut.

Tempat monitor
Penyusunan monitor yang baik juga akan kurangi ketegangn mata dan otot. Jarak pandang yang tepat pada monitor dengan mata, yakni 46-47 cm dengan pojok pandang 0, 15 derajat. Ketinggian monitor tidak bisa mengakibatkan kepala kita terlalu menunduk atau mengadah. Ketinggian monitor harus ditata demikian rupa hingga baris teks teratas pada monitor sejajar dengan mata kita.

Keyboard dan mouse
Saat ini banyak di produksi keyboard dan mouse dengan beberapa type seksi dan menarik. Ditambah lagi keyboard dan mouse wireless (tanpa ada kabel) atau memakai gelombang elektromagnetik melalui cahaya inframerah. Di samping kabel tidak berseliweran, kerja kita pun bagus dan rapi. Tetapi bila Kamu masih tetap memakai keyboard dan mouse berkabel, maka Kamu harus menempatkan demikian rupa hingga saat memakainya tempat badan tetaplah nyaman. Tempatkan keyboard tepat di tengahnya Kamu, sedang mouse ditempatkan di samping kanan keyboard.

Komentar