SEO: BAGAIMANA CARA SEARCH ENGINE BEKERJA?

Related image

jasa pembuatan website jakarta - Mesin pencari seperti Google atau Bing, siapa yang tidak sempat memakainya? Meskipun social media, komunitas, dan marketplace memiliki feature search sendiri, tapi pemakaian search engine masih tetap menguasai untuk mencari jawaban dari hal yang ingin di cari di internet. Dan kita semua mengharapkan bisnis kita yang pertama diketemukan oleh search engine saat beberapa orang mencari suatu hal. Tetapi bagaimana sesungguhnya cara search engine bekerja?

Search engine memiliki dua peranan utama, yakni crawling dan indexing, dan sediakan hasil pencarian dengan relevan. Saya juga akan menerangkan satu persatu.

Pikirkan dunia internet yaitu sebuah kota yang sangat besar dan memiliki jalur transportasi yang memiliki banyak halte di dalamnya. Didalam setiap halte ada dokumen yang bermacam, diantaranya, halaman situs, gambar, file pdf, audio. video, dan yang lain. Maka pekerjaan search engine yaitu crawling (merayap) dan mencapai semua halte itu untuk menyimpankan dokumen di dalamnya.

Robot search engine yang sering dimaksud “crawlers” atau “spiders”, memakai link untuk mempermudah penyimpanan milyaran data yang tersambung. Lewat cara khusus, data disimpan kedalam harddrive hingga dapat di panggil kembali saat pencarian. Untuk meyimpan data yang demikian banyak, search engine memiliki media penyimpanan di datacenter yang menyebar di semua dunia. Begitu search engine dapat sediakan info amat cepat sesuai query pencarian.

Search engine juga berperan jadi mesin penjawab. Ketika seorang mencari suatu hal lewat search engine, maka search engine juga akan menghadirkan hasil yang relevan dan berguna untuk pencari. Lalu lalu mengurutkannya sesuai sama persepsi manfaat yang paling baik untuk pencari.

Bila dimuka penciptaan mesin pencari, arti relevan yaitu kata atau kalimat yang diketemukan persis dengan apa yang di cari. Tapi saat ini ada tambah lebih banyak aspek yang memastikan relevansi sebuah hasil pencarian paling baik. Dua orang yang mencari hal yang sama juga dengan kata kunci (keyword) yang sama dapat hasilkan hasil pencarian yang berlainan. Ditambah lagi bila kamu googling memakai ID Google, maka Google juga akan mencari hasil sesuai sama karakter profil Kamu.

Untuk tingkat pengurutan sendiri, umumnya mesin pencari masih tetap memercayakan popularitas sebuah halaman. Halaman yang banyak dikunjungi juga akan jadi prioritas sendiri untuk tingkat pengurutan di search engine. Tersebut kenapa kamu harus mempromosikan dan tingkatkan view ke situs Kamu.

Komentar