Jangan Coba-Coba Abaikan! Ini Lho, Bahayanya Make Up Kadaluarsa Bagimu!

Related image

cara mengetahui masa kadaluarsa makeup - Kapan cobalah paling akhir kali anda bersihin laci make-up mu? Ngaku deh, tentu ada lipstik yang anda beli dari 2 th. waktu lalu dan masih tetap berada di situ. Bahkan juga beberapa dari anda tentu ada yang masih tetap nyimpen lisptik yang paling disayangi karena sayang bila dibuang. Lagian, warna sama baunya masih tetap bagus.

Eits! Bahaya! Seperti makanan, make-up kadaluarsa tidak baik untuk kesehatanmu dan dapat membuat kamu sakit! Terlebih make-up yang telah tunjukkan sinyal tanda kadaluarsa. Terkecuali warna dan khasiatnya yang menyusut, make-up ini memiliki bakteri-bakteri yang melekat.

Biasanya make-up dengan beberapa bahan alami tidak memakai pengawet hingga juga akan kadaluarsa lebih cepat, sekitar 3-6 bulan. Namun sudah pasti, semakin bagus untuk kulitmu. Berlainan dengan make-up yang memiliki pengawet yang dapat melawan bakteri hingga dapat bertahan lama. Mulai dari anda buka tutup make-up mu dan menuturkannya ke udara, bakteri juga akan segera hinggap dan menebar. Meskipun anda telah membersihkan tangan atau mukamu, tetaplah saja ada bakteri yang tersisa dan melekat di aplikatormu lalu masuk kedalam paket make-up. Mereka selalu bersarang dan menumpuk disana. Serius anda ingin bakteri-bakteri itu melekat di mukamu?

Dari sebuah riset yang dilakukan oleh London Metropolitan University, dalam make-up kadaluarsa diketemukan beberapa bakteri yang dapat mengakibatkan beragam penyakit, satu diantaranya yaitu penyakit membahayakan meningitis dan sepsis! Hii! Serem banget ya? Apa sajakah sich, penyakit yang dikarenakan oleh bakteri-bakteri ini?

1. Infeksi Mata 

Make-up di sekitar mata betul-betul harus di perhatikan, terlebih maskara karena terbuat berbahan yang cair. Make-up di sekitar mata yang telah kadaluarsa dapat mengakibatkan mata infeksi dan conjunctivitis (mata merah). 79% dari maskara wanita memiliki kandungan bakteri staphylococcus. Dibanding bagian badan beda, mata anda paling rawan pada infeksi, lho! Jadi lebih waspada sekali lagi dalam memakai maskara. Buang saja setelah tiga bulan! Untuk eyeliner, eyeshadow, dan make-up beda yang memiliki bahan basic powder dapat bertahan 1-2 th., namun anda tetaplah harus siaga, ya!

2. Infeksi dan Radang Pencernaan 

Umumnya make-up terlebih yang diterapkan ke bibir memiliki bakteri enterococcus faecalis yang mengakibatkan infeksi saluran pencernaan. Make-up kadaluarsa memiliki kandungan bakteri aeromonas yang dapat mengakibatkan radang pada saluran pencernaan yang mengakibatkan muntah-muntah, diare, dan kejang perut. Bakteri aeromonas dapat juga mengakibatkan infeksi pada luka. Jadi baiknya janganlah pakai make-up jika telah terserang luka maupun tengah luka.

3. Dermatitis (Iritasi dan gatal) 

Dermatitis yaitu peradangan pada kulit. Tandanya seperti ruam gatal kemerahan dan bentol-bentol yang dapat bertahan berhari-hari. Make-up kadaluarsa yang penuh bakteri dan kuman juga akan berbuntut pada iritasi dan kulit kemerahan juga reaksi alergi.

Baca juga : tips membuat ombre lips

4. Jerawat 

Pastinya, make-up kadaluarsa tidak baik untuk kulit wajahmu. Apa pun yang kita pakai di permukanaan juga akan diserap oleh kulit kita. Misalnya foundation. Pikirkan foundationmu yang penuh kuman dan bakteri lalu diserap oleh pori-pori kulitmu dan lalu berdiam diri di situ. Hal semacam ini sudah pasti dapat mengakibatkan jerawat. Sesungguhnya make-up umum tetaplah dapat mengakibatkan ini, namun yang kadaluarsa semakin besar resikonya karena banyak bakteri yang ada.

5. Bengkak 

Terlebih di bibir, make-up kadaluarsa dapat mengakibatkan bengkak. Walau sebenarnya ingin tampil cantik dengan lipstik, namun jadi jadi melepuh dan lecet. Bahkan juga lipstik kadaluarsa besar resikonya untuk membuat kamu terserang herpes, terlebih bila sukai pinjam meminjam. Anda mungkin terserang virus herpes yang berdiam di make-up itu. Jadi, hati-hati ya!

6. Meningitis 

Make-up kadaluarsa nyatanya dapat memiliki bakteri mematikan, yakni yang mengakibatkan meningitis. Untuk ibu-ibu hamil harus betul-betul siaga dengan penyakit ini karena dapat membunuh bayi yang baru lahir. Biasanya terjadi pada bayi dan anak-anak, namun dapat pula beberapa orang dewasa. Penyakit ini harus dikerjakan secepat-cepatnya dan dapat dihindari dengan vaksin.

7. Septikemia atau Sepsis 

Ini yaitu salah satu penyakit membahayakan yang lain yang dapat karena make-up kadaluarsa. Penyakit ini dapat termasuk langka, namun memang ada. Penyakit ini termasuk infeksi berat yang dikarenakan oleh bakteri dan tandanya yaitu peradangan di semua badan dan dapat berbuntut pada pembekuan darah.

Komentar